Senin, 11 Mei 2015

Nama Kalisat Selain di Jember

Senin, 11 Mei 2015
Di areal Gunung Ijen, tepatnya di kecamatan Sempol kabupaten Bondowoso, terdapat sebuah kebun bernama kebun Kalisat. Kebun ini dikelola oleh PTP Nusantara XII. Kadang orang menyebutnya Kalisat-Jampit sebab lokasinya berdekatan dengan kebun Jampit. Di sini juga ada sebuah sekolah dasar, namanya SD Negeri Kalisat. Sekolah ini berada di dusun terpencil bernama dusun Pedati. Ia adalah sebuah dusun di puncak pegunungan persis perbatasan antara kabupaten Situbondo dan kabupaten Bondowoso.

Selain di Bondowoso, nama Kalisat juga menjadi nama desa di kabupaten Pasuruan, tepatnya di wilayah kecamatan Rembang kabupaten Pasuruan. Desa ini --Kalisat-- adalah sebuah wilayah yang terpencil dan lumayan jauh dari kota, tepatnya 15 kilometer arah ke Barat --ke arah Bangil-- dari kota Pasuruan.

Ada lagi sebuah desa bernama Kalisat di kabupaten Banjarnegara, propinsi Jawa Tengah. Referensi di mesin pencari menunjukkan jika nama desa di Banjarnegara ini adalah desa Kalisat Kidul. Desa Kalisat dikenal karena masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani, terutama petani sayuran. Selain dikenal dengan bahasa Jawa ngapak, kota Banjarnegara pernah menjadi sorotan pemberitaan karena ada bencana alam tanah longsor pada akhir tahun 2014 lalu. Bencana itu terjadi di dusun Jemblung, desa Sampang, kecamatan Karangkobar, Banjarnegara.

Di kabupaten Temanggung, ada sebuah dusun kecil bernama KALISAT, masuk desa Kalimanggis, kecamatan Kaloran, Temanggung.

Di Pekalongan, tepatnya di desa Kwasen kecamatan Kesesi, terdapat sebuah dukuh bernama dukuh KALISAT. Ia terletak di bagian barat Kabupaten Pekalongan yang berjarak kurang lebih 7 km dari ibukota Kabupaten.

Ponorogo juga memiliki desa bernama Kalisat. Desa ini --Kalisat-- berada di kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Sebuah gunung berketinggian 2206 MDPL yang berada di dekat Raung juga bernama G. Kalisat.

Seorang rekan berkata jika di Ubud-Bali ada sebuah persinggahan bernama Villa Kalisat Hotel. Letaknya di sebuah desa tradisional di lereng bukit dan sungai Petanu.

Teman-teman yang mengerti informasi lain tentang nama Kalisat selain di Jember, silahkan menambahkan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudut Kalisat © 2014