Minggu, 31 Mei 2015

Rokok Toppas

Minggu, 31 Mei 2015
Oleh RZ Hakim


Foto oleh Dhita Noviandoko a.k.a Lelet, ketika di Papua

Saya sungguh lupa, kapan kali pertama mengenal rokok yang mengusung brand toppas ini. Ia memiliki jargon, top rasanya pas harganya. Di bungkus toppas, selain dijumpai bandrol/cukai dan kalimat peringatan dari pemerintah, tertulis juga siapa produsennya. Di sana tertulis; Diproduksi oleh: PT. Karya Bina Sentausa Malang-Indonesia.

D sini, di kecamatan Kalisat kabupaten Jember, sering saya jumpai para lelaki dewasa yang memlih toppas sebagai rokoknya. Saingan terberat toppas di sini adalah rokok Grendel Internasional.

Pabrik rokok toppas ada di JL. Kertanegara 81 Karangploso, Malang. Menjadi aneh ketika beberapa kali ke Malang, teman-teman di sana justru tak mengenal toppas. Kiranya rokok ini tidak berjaya di kotanya sendiri, tempat kaki-kaki pabriknya ditancapkan.

Berikut adalah catatan terjauh tentang rokok toppas, dari situs online Malang Raya.

Pada pertengahan September 2008, karyawan pabrik rokok toppas di Karangploso melakukan demo pada pihak managemen. Mereka ingin ke depan akan ada kejelasan status sebagai buruh tetap tak lagi kontrak. Saat terjadi demo, pabrik rokok toppas memproduksi rokok jenis kretek dan filter dengan mempekerjakan 200-an lebih karyawan tetap dan 430 karyawan kontrak.

"Kami tak ingin berstatus outsorsing dan dikontrak seperti ini tanpa kejelasan nasib, sebab beberapa dari kami ini telah bekerja di Pabrik Rokok Toppas antara satu hingga lima tahun. Kontrak setahun terakhir kami sejak tanggal 13 November 2007 dan berakhir 13 September 2008 lalu dan berikutnya kami minta agar segera diangkat jadi karyawan tetap atau dikontrak minimal 5 tahun," imbuh Sunarsih, pendemo lainnya. *dikutip dari malangraya web.id tanggal 16 September 2008.

Saya sangat yakin jika keberadaan toppas di Jember jauh sebelum tahun 2008, namun sayang sekali tak saya jumpai data tertulis yang mencantumkan itu. Barangkali tahun 2003/2004. Entahlah, saya benar-benar tidak ingat.

Di Jember, distributor rokok toppas adalah PT Sukses Abadi Bersama. Mulanya, jika saya tidak keliru, kemunculan perdana toppas di Jember, ia ikut pemasaran dari PT. Gudang Garam yang lokasinya ada di seberang Primkop AD Tepbek, Jember.

Ada yang ingat, kapan kira-kira rokok ini diketahui keberadaannya?

2 komentar:

  1. Salam kenal dari blogger garahan, silo, jember

    BalasHapus
  2. di mana y agen/ distributor sgala rokok di jember..saya fhathur ledokombo 085645900795

    BalasHapus

Sudut Kalisat © 2014