Minggu, 07 September 2014

Cerita Pembuka Tentang GERTAK

Minggu, 07 September 2014
Oleh RZ Hakim

Saya menepati janji kepada kawan-kawan Kari Kecingkul untuk turut menyemarakkan acara GERTAK, Gerak Jalan Tradisional Kalisat. Dengan pick up warna merah yang disewa oleh Mas Bajil, kami berangkat --dari Panaongan-- menuju Kalisat. Sepeda BMX milik kawan-kawan InfiniTeam Jember Bike dan Nuclear Naked kami tumpuk-tumpuk di atas pick up merah.


Persiapan meramaikan GERTAK - Foto oleh Oki

Sampai tiga hari sebelum acara, Mas Bajil sibuk menghubungi saya. Ia menanyakan perihal MC. Kata Mas Bajil, komunitas Kari Kecingkul akan menyemarakkan acara GERTAK. Mereka ikut beregu, disertai dengan truk yang mengangkut Sound System. Nah, tim Kari Kecingkul butuh MC untuk membacakan narasi acara. Mereka didudukkan di atas truk yang sudah dihias.

Mendekati acara, saya mendapati dua orang --keluarga tamasya-- yang bersedia menjadi MC untuk regu Kari Kecingkul. Keduanya adalah Varina Oktavia dan Indana Putri Ramadhani. Ditambah satu lagi, istri saya sendiri, Zuhana Anibuddin Zuhro.


Sesampainya di IGA Production - Kalisat

Tentang awal keberadaan GERTAK, dua narasumber yang saya temui menyebutkan angka tahun yang berbeda. 1984 dan 1986. Barangkali kepanitiaan GERTAK tidak mempersiapkan bidang pengarsipan.


Salah satu peserta GERTAK 2014. Foto oleh Faisal Korep

Di dalam GERTAK --Gerak Jalan Tradisional Kalisat-- Anda akan menjumpai kegembiraan. Di sini tak hanya bicara tentang gerak jalan. Ia juga tentang nyanyian, warna-warni fashion, tarian, serta aneka sound system yang ditata di atas kendaraan hias. Tentu, GERTAK juga tentang ekspresi mereka yang menjalani peran sebagai penonton.

Cerita yang lain. Di sudut yang berbeda, kota kecil ini sedang punya gawe. Jember Open Marching Band Competition. Digelar pada 5 - 7 September 2014.

Sementara itu dulu cerita pembuka tentang GERTAK 2014. Akan saya sambung di lain waktu.

Salam Kari Kecingkul!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudut Kalisat © 2014