Kamis, 16 Juli 2015

Joyce Köhler Menggenjot Sepeda ke Kalisat

Kamis, 16 Juli 2015

Di stasiun Kalisat tahun 1963

Kemarin, di jejaring sosial facebook, saya menampilkan foto ini. Tentu saja seizin pemilik foto, Joyce Köhler. Di keterangan foto, saya menambahkan catatan seperti berikut.

Salah satu koleksi foto Bunda Joyce Köhler ini berlatar belakang stasiun Kalisat tahun 1963, ketika lantainya berubin kuning dan belum berganti keramik. Saat itu ia masih bersekolah di SMAK Santo Paulus Jember, kelas satu.

Hobi Joyce kalau hari libur dulu bersama teman-temannya melakukan perjalanan menggenjot sepeda dari Jember ke Kalisat pulang pergi. “Sangunya cuma sayur ketimun. Tapi kok kuat ya waktu itu,” ujarnya, ketika diwawancarai Asita DK.

Tentang Joyce Köhler

Ia dilahirkan dengan nama Joyce Theresia Pamela Köhler, lahir pada 29 Agustus 1946. Ayahnya bernama Freddy Rudi Paul Köhler, lahir tahun 1914 di rumah Tegalsari, Surabaya. Kakeknya --Ayah dari Ayahnya-- bernama Jan Pieter Frederich Köhler, lahir di Hindia Belanda pada tahun 1883.

Pernikahannya dengan Eddy Abdul Manaf bin Rusta Sastra Atmadja melahirkan tiga buah hati. Anak pertama mereka laki-laki, bernama Dhani Ahmad Prasetyo, atau lebih akrab dipanggil Ahmad Dhani.

Joyce Köhler berada di Jember sejak 1949 hingga 1968, dan bersekolah di SD dan SMP Maria Fatima, lalu di SMAK Santo Paulus Jember. Ia bahkan sempat kuliah di Fakultas Sastra Universitas Jember tahun 1965, meski tidak sampai selesai.

"Aku tidak lahir di Jember tapi masa kecil dan remaja ada di Jember . Tahun 1949 s/d 1959 tinggal di JL. Kamar Bola/JL. Bondowoso/PB.Sudirman 56, depan DKT. Di Raung tahun 1959 s/d 1968, di JL. Irian 3 depan Jember Klinik. Jadi dari TK sampai Unej di Jember." Komentarnya di grup Nostalgia Kampung Jember, 9 Februari 2014.

Bunda Ahmad Dhani ini menyukai musik. Saat muda ia pernah membuat band bersama teman-teman perempuannya. Band itu bernama Muda Ria. Ada juga yang namanya Vicsa Dara. Band yang disebutkan terakhir itu --Vicsa Dara-- eksis antara tahun 1965-1968, di SOSPOL UNED --kini Fisip Universitas Jember.

"Saya sempat berkiprah dalam band di Jember sampai tahun 1968. Terakhir mau diberi beasiswa oleh Pak Soebarkah, dekan Falkutas SosPol Unej, karena pemainnya adalah mahasiswi Unej semua. Tapi saya keburu pindah ke Bandung mengikuti keluarga," ujar Joyce Köhler di sebuah komentar di grup Nostalgia Kampung Jember pada 16 Februari 2014.

Itulah sekelumit kisah tentang Bunda Joyce Köhler.

Salam saya, RZ Hakim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudut Kalisat © 2014