Rabu, 02 September 2015

Guard Jember Fashion Carnaval 2015

Rabu, 02 September 2015

Arik Cahyono a.k.a Yoyon

Namanya Arik Cahyono namun biasa dipanggil Yoyon. Ia terlahir di Kalisat pada 29 Juni 1980. Istrinya bernama Dwi, mereka menikah pada tahun 2002 dan dikaruniai seorang putra, Irgi namanya. Dalam JFC tahun ini, Yoyon menjadi bagian dari Outframe JFC-14, Guard Jember Fashion Carnaval. Masa kontraknya 3 hari, terhitung sejak 28-30 Agustus 2015.

"Saya memang baru bergabung tahun ini di Guard JFC, masuk di kelompok Panser --Pasukan Supporter Jember, ada sekitar 160 orang. Selain Panser, untuk tahun ini ada juga kelompok-kelompok lain yang juga dikontrak sebagai Guard. Tugas kami adalah membantu kelancaran kegiatan; mulai dari kenyamanan talent hingga membantu mengingatkan penonton sekiranya berpotensi tidak tertib. Kami juga bertanggungjawab atas areal yang dilalui, agar tetap terjaga kebersihannya."

Menurut Yoyon, per-600 meter ada 160 Guard dari tim Panser. Dimulai dari titik Jembatan Jompo hingga di depan Bank Buana UOB. Masing-masing Guard berjarak 10 meter atau lima pagar --per satu pagar panjangnya 2 meter.

"Jadi, para Guard ini juga mengantongi tas kresek. Bila ada terlihat salah satu penonton membuang sampah sembarangan, jika itu ada di dekat kami, maka kami akan memungut sampah tersebut, menaruhnya dalam kantong, untuk kemudian memberi pengertian kepada orang yang dimaksud, dengan cara lembut dan sesopan yang kami bisa."

Guard sebaiknya tidak turut sibuk memotret talent, dan harus tetap menghadap ke penonton. Seperti Guard sepakbola di liga Inggris misalnya, seperti itulah posisi Yoyon dan kawan-kawan Guard lainnya.

*Wawancara pada 29 Agustus 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudut Kalisat © 2014