Sabtu, 06 Desember 2014

Laba-laba Langka di Jember Utara

Sabtu, 06 Desember 2014
Kemarin, dua rekan dari Komunitas Kari Kecingkul mengajak kami menjelajahi Kalijejer, sebuah tempat di Dusun Dawuhan Kembar. Ia bukan tempat yang asing. Di sana, kami sering belajar bersama; memperhatikan keanekaragaman hayati, mulai dari semak belukar hingga hewan-hewan kecil.

Mas Ivan dan Deny S Ferdiyansyah, mereka berdua tampak senang sebab bisa berfotografi makro ria.

Saat gerimis turun dan semakin menderas, kami bernaung di gubug dekat kolam. Istirahat sejenak. Ketika itu, saya dan istri melewati waktu dengan menikmati karya-karya fotografi makro yang telah dihasilkan Deny. Luar biasa. Kiranya Deny sangat mengerti bagaimana caranya mendapatkan detail yang tinggi dengan jarak jepret yang sangat dekat.

Bagi saya, dunia fotografi makro adalah kabar baik bagi ilmu pengetahuan.

Deny juga berhasil mengabadikan si laba-laba mungil berwarna kuning, dengan nama ilmiah Platythomisus Octomaculatus. Ia adalah genus laba-laba kepiting, masuk dalam keluarga Thomisidae. Keberadaannya tak hanya di Afrika dan Asia Selatan saja, di Kalisat juga ada.


Dokumentasi oleh Deny S Ferdiyansyah

Saya pernah menjumpai laba-laba sejenis ini di Pohon Lamtoro. Hal yang sama ternyata juga dialami oleh Deny. Dia menemukan laba-laba ini saat si kuning sedang nongkrong di dahan lamtoro. Platythomisus Octomaculatus kadang juga bisa kita jumpai di areal Poho Waru a.k.a Hibiscus tiliaceus.

Ada saya baca di sebuah sumber, laba-laba Platythomisus Octomaculatus adalah spesies yang agak jarang. Ia terbilang langka.

Jika diperhatikan sekilas, laba-laba ini memang mirip mainan. Ia seperti terbuat dari plastik. Memang jika tidak menjumpainya sendiri, kita akan sulit percaya jika itu adalah laba-laba tulen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudut Kalisat © 2014